Rabu, 09 Oktober 2019

ANALISIS ISU – ISU STRATEGIS DESA KEDUNGRINGIN



A.   Permasalahan Pembangunan

Dari kondisi umum Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang sebagaimana diuraikan pada Bab II, dapat  diidentifikasi permasalahan Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang sebagai berikut :

1.   Masih tingginya angka kemiskinan, yang ditunjukkan dengan masih tingginya jumlah Keluarga Pra Keluarga Sejahtera.
2.   Masih terbatasnya kualitas sumberdaya manusia dimana sebagian besar penduduk pada umumnya berpendidikan rendah.
3.   Masih terbatasnya sarana dan prasarana pelayanan dasar masyarakat pedesaan, terutama fasilitas pendidikan dasar, kesehatan, air bersih, transportasi, perumahan, jalan lingkungan, saluran limbah dan irigasi.
4.   Masih rendahnya tingkat pendapatan penduduk, sehingga terjadi ketimpangan antar wilayah dusun.
5.   Belum optimalnya pemanfaatan teknologi tepat guna serta terbatasnya akses permodalan dan akses informasi, yang berakibat pada menurunnya produktivitas dan rendahnya kualitas produk petanian dan industri kecil/rumah tangga.
6.   Menurunnya kualitas SDA sebagaimana dapat terlihat dengan semakin sulitnya mendapatkan air bersih dan menurunnya debit air dari sumber-sumber air irigasi dan air baku.
7.   Masih rendahnya kualitas pelayanan umum kepada masyarakat karena rendahnya kinerja aparatur, belum efektif dan efisiennya sistem kelembagaan dan manajemen pemerintahan, rendahnya kesejahteraan perangkat, yang berakibat pada rendahnya daya saing Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.
8.   Masih terbatasnya peran masyarakat dan peran desa dalam proses penyusunan kebijakan publik, penganggaran dan pengawasan.


B.   Identifikasi Faktor Lingkungan
Keberhasilan pembangunan Desa Kedungringin Kecamatan  Suruh Kabupaten Semarang selain dipengaruhi oleh kondisi umum, kemampuan keuangan Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang dan permasalahan pokok Desa Kedungringin Kecamatan  Suruh Kabupaten Semarang sebagaimana uraian sebelumnya. Beberapa permasalahan tersebut antara lain makin pesatnya persaingan perdagangan, perubahan iklim dan penurunan kualitas lingkungan, bencana alam, krisis pangan dan energi, serta adanya kebijakan pemerintah baik yang terkait bidang pemerintahan, pembangunan maupun pelayanan, dan lain-lain.
Guna mengetahui sampai sejauh-mana faktor-faktor tersebut berpengaruh terhadap proses pencapaian tujuan pembangunan Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang perlu dilakukan identifikasi faktor lingkungan tersebut. Berdasarkan hasil survey dengan menggunakan angket berupa kuesioner dari berbagai lapisan masyarakat dan kajian melalui diskusi kelompok terfokus (FGD), dapat diidentifikasi faktor-faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap pelaksanaan pembangunan selama 6 (enam) tahun ke depan. Faktor-faktor lingkungan tersebut dikelompokkan ke dalam kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan, yaitu sebagai berikut :
1.     Kekuatan
a.     Letak Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang yang berada di jalur Kecamatan Karanggede merupakan posisi strategis yang dapat mendorong pembangunan Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.
b.     Kondisi kerukunan hidup antar umat beragama yang kondusif,  keragaman budaya masyarakat, dan sikap saling menghormati serta toleransi merupakan kekuatan dalam mendukung pelaksanaan pembangunan.
c.      Desa Kedungringin  Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang memiliki sumberdaya alam yang cukup besar meliputi sumberdaya lahan, batu dan air, apabila dikelola dengan baik akan menjadi modal utama dalam pembangunan Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.

d.     Sektor  pertanian merupakan sektor unggulan Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang yang banyak menyerap tenaga kerja dan merupakan sumber mata pencaharian masyarakat yang bisa dikembangkan menjadi daya saing Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.
e.     Penduduk Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang sebagaian besar merupakan kelompok usia produktif dan tentunya menjadi sumber tenaga kerja yang potensial.
f.      Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang memiliki kearifan lokal seperti gotong royong dan  semangat kejuangan yang apabila dipelihara dan ditingkatkan dapat  mendukung pelaksanaan pembangunan di segala sektor.
g.     Kondisi geografis Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang yang sebagian berupa pegunungan dan perbukitan dengan udara sejuk dan panorama alam yang indah dan adanya hutan Rakyat dapat menjadi potensi pembangunan pariwisata.
h.     Semakin baiknya pelaksanaan demokrasi, penegakan hukum dan pemahaman HAM berpengaruh dalam penciptaan situasi yang kondusif di masyarakat, sehingga dapat mendorong pelaksanaan pembangunan.
i.       Meningkatnya kepedulian pemerintah Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang dan masyarakat terhadap kelestarian lingkungan dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, sehingga dapat menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya bencana alam.
j.      Meningkatnya partisipasi masyarakat termasuk LSM, Dunia Usaha, dan lain-lain dalam proses pembangunan menjadi sangat penting karena pembangunan tidak dapat dilakukan sendiri oleh pemerintah.
k.     Komitmen pemerintah Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang dalam menjalankan program yang sudah  direncanakan menjamin konsistensi pelaksanaan pembangunan Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.
l.       Kesetaraan dan keadilan gender dalam proses pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya partisipasi perempuan berpengaruh terhadap pencapaian kesejahteraan masyarakat.
m.    Kuantitas dan kualitas aparatur pemerintah Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang yang memadai menjamin ketepatan dan kecepatan pelayanan publik.

2.     Kelemahan
a.    Rendahnya kualitas sebagian pelayanan publik menyebabkan iklim investasi kurang kondusif sehingga dapat melemahkan daya saing Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.
b.     Pelaksanaan regulasi yang kurang konsisten terutama berkaitan dengan pemanfaatan tata guna lahan.
c.      Rendahnya kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berwirausaha sehingga menghambat penciptaan lapangan kerja dan kemandirian perekonomian Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.
d.     Rendahnya pemenuhan kebutuhan hak-hak dasar masyarakat (pangan, sandang, perumahan, kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, sarpras, dan lain-lain) menyebabkan masih tingginya jumlah penduduk miskin.
e.     Belum meratanya pembangunan antar wilayah dusun, terutama pada wilayah perbatasan dengan desa lain yang menyebabkan terjadinya kesenjangan tingkat kesejahteraan.
f.      Rendahnya Pendapatan Asli Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang dalam membiayai pembangunan Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang menyebabkan ketergantungan pada dana pusat (komposisi Pendapatan Asli Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.
g.     Kondisi topografi yang berupa bukit dan gunung menyebabkan rawan longsor, kekeringan dan menjadi kendala dalam pembangunan infrastruktur sehingga menyebabkan rendahnya aksesibilitas/ keterjangkauan wilayah.

3.     Peluang
a.    Perkembangan penerapan teknologi informasi di berbagai bidang pembangunan diharapkan dapat berpengaruh positif terhadap pola pikir dan kehidupan masyarakat, serta proses pembangunan.  
b.    Semangat pemerintah desa untuk mereformasi birokrasi pemerintahan desa dapat mendorong peningkatan kualitas aparatur pemerintah Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang sehingga mampu menyesuaikan dengan perubahan kondisi masyarakat.
c.    Adanya kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan “pembangunan berkelanjutan” berupa keterpaduan pembangunan ekonomi, sosial dan lingkungan hidup, yang menjamin upaya Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang dalam mewujudkan keseimbangan antara pembangunan fisik dan non fisik.

4.     Tantangan  :
a.    Kebijakan pemerintah di bidang pertanahan yang belum mampu mengatur secara penuh pengalihan hak atas tanah dan tata guna lahan untuk keperluan pembangunan.
b.    Adanya kecenderungan perubahan iklim global yang berakibat pada perubahan sistem pola tanam, bencana alam, dan menurunnya kualitas sumberdaya alam.

C.   Isu Strategis
Dari hasil identifikasi faktor lingkungan strategis tersebut dapat diketahui beberapa faktor dominan dan potensial yang dapat mempengaruhi pencapaian tujuan pembangunan Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Dari faktor-faktor tersebut selanjutnya dirumuskan menjadi isu-isu strategis yang akan ditangani dalam pembangunan jangka menengah Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang 2013-2019 yaitu :
a.    Rendahnya pemenuhan kebutuhan hak-hak dasar masyarakat (pangan, sandang, perumahan, kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, sarpras, dan terbatasnya lapangan kerja) sehingga angka kemiskinan dan pengangguran masih tinggi.
b.   Rendahnya kualitas SDM masyarakat sehingga belum mampu menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan daya saing tenaga kerja.
c.    Kurang meratanya pembangunan infrastruktur antar wilayah dusun serta belum optimalnya penataan dan pengembangan infrastruktur desa.
d.   Lemahnya koordinasi dalam proses perijinan dan kepastian hukum sehingga berpotensi menghambat perkembangan usaha di Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.
e.    Kurang optimalnya pengelolaan potensi Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang yang ditandai dengan rendanhnya produktivitas dan kualitas produk pertanian dan industri kecil serta kurangnya peran jasa pendukung.
f.     Kurang optimalnya peran dan fungsi birokrasi perangkat desa dalam mewujudkan good governance .
g.    Kurang optimalnya partisipasi Kelembagaan Desa dan masyarakat dalam proses pembangunan termasuk pembangunan berperspektif gender.
h.   Menurunnya kualitas sumberdaya alam dan lingkungan hidup serta upaya pelestariannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KRITIK DAN SARAN SELALU ADMIN HARAPKAN

TERBARU

KEGIATAN PENYEMPROTAN DESINFEKTAN SATGAS COVID19 DESA KEDUNGRINGIN KECAMATAN SURUH

  KAB. Semarang, - Desa Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang terus berkomitmen mendukung program pemerintah pusat dan pemerinta...

TERBARU